Review Ruangguru On-The-Go! dan On-The-Go! Ekstra: Solusi Belajar Di Mana Saja?

Tidak berhenti sampai di produk Ruangbelajar di dalam aplikasi, Ruangguru, selaku start up pendidikan terbesar di Indonesia, kembali mengeluarkan inovasi. Mereka menutup kekurangan yang ada di Ruangbelajar, yaitu menonton video pembelajaran menggunakan internet, menjadi semi offline. Hal ini mereka lakukan dengan meluncurkan produk Ruangguru On-The-Go! Dan Ruangguru On-The_Go! Ekstra.

Seperti apa produk keduanya, yuk kita bahas!



Kedua produk ini merupakan USB On-The-Go! yang berisi produk Ruangbelajar. (untuk yang ingin tahu lebih lengkap bagaimana produk ruangbelajar, Mataoker sudah membahasnya di postingan sebelumnya).

Ini merupakan hal yang menarik karena dengan adanya USB On-The-Go! ini, orang-orang yang jauh dari jangkauan internet akan tetap dapat menonton video pembelajaran tanpa terkecuali. Adapun perbedaan dari Ruangguru On-The-Go! dan Ruangguru On-The-Go! Ekstra adalah pada Ruangguru Ekstra, pembeli akan mendapatkan akses untuk mengikuti grup di ruangguru digitalbootcamp. Berikut adalah penampakan dari Ruangguru On-The-Go! Ekstra!



Jika kita lihat pada gambar, sebenarnya boks yang seukuran ini cukup memuat banyak isi:
1.    USB Ruangguru-On-The-Go!
2.    Gantungan kunci
3.    Catatan Sahabat
4.    Kode aktivasi ruangbelajar
5.    Kode aktivasi Ruangguru digitalbootcamp
6.    Study Schedule
7.    Buku manual ruangbelajar
8.    Buku manual ruangguru digital bootcamp
9.    Sticker

Untuk dapat mengakses si OTG, kita tentu harus mempunyai ponsel yang OTG support (atau minimal Android Kitkat. Sayangnya, bagi para pengguna iPhone, produk ini belum bisa digunakan untuk iOS.) Di samping itu, pastikan kamu sudah meng-install aplikasi Ruangguru. Lalu, buka terlebih dahulu aplikasi Ruangguru tersebut, colok USB-nya ke handphone, dan, voila. Ruangguru On-The-Go! terdeteksi dengan sendirinya.



Selanjutnya, tinggal ikuti tata cara aktivasinya. Nantinya, di dalam buku manual, kamu akan mendapatkan akses untuk 3 kurikulum (Kurikulum KTSP, K-13, dan K-13 Revisi) serta 2 periode. Tapi, kamu hanya bis amemilih untuk mengaktivasi salah satu saja.



Setelah melakukan aktivasi, akan muncul notifikasi bahwa kamu sudah berlangganan ruangbelajar sesuai dengan kelas yang kamu beli (OTG ini ada mulai dari kelas 4 SD, sampai dengan 12 SMA, sementara OTG Ekstra mulai dari kelas 6 SD sampai kelas 12 SMA). Lalu, udah, deh, kamu bisa menonton semua video ruangbelajar tanpa menggunakan kuota.

Satu hal yang perlu dicatat adalah, karena Ruangguru menamakan produk OTG ini dengan “semi offline”, maka kita hanya bisa benar-benar offline saat menonton video saja, Apabila pengguna ingin melanjutkan misi mengerjakan, soal, misalnya. Kita tetap membutuhkan internet dan jaringan. Mungkin, di sini lah sedikit kelemahan dari OTG Ruangguru ini.


Perbedaan Ruangguru On-The-Go! dan Ruangguru On-The-Go! Ekstra  

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Perbedaan dari kedua produk ini adalah adanya “tambahan produk” Ruangguru digitalbootcamp pada Ruangguru On-The-Go! Ekstra. Apa itu Ruangguru digitalbootcamp?

Ruangguru digitalbootcamp adalah fitur belajar menggunakan basis grup chat. Saat ini, aplikasi chatting yang digunakan adalah LINE. Jadi, tentu, para pengguna yang ingin bergabung harus meng-install LINE terlebih dahulu.

Di dalam buku manual RGDB, kamu akan mendapat nomor telepon dan kode aktivasi. Nantinya, kamu hanya tinggal konfirmasi ke nomor telepon tersebut (bisa melalui SMS atau whatsapp), dan kirimkan kode aktivasi yang ada di buku tersebut. Selanjutnya, kamu akan dimasukkan ke dalam grup chat yang berisi maksimal 20 orang dan tutor yang akan mengajarkan sesuai dengan bidang pelajaran yang kamu pilih.

Di grup tersebut, kamu akan diberikan modul pelajaran, lalu setiap harinya membahas topik-topik yang sudah ditentukan (nanti akan ada notes grup untnuk memberi tahu “jadwal belajar”).

Setelah saya cari tahu melalui website Ruangguru, ternyata harga untuk masuk ke grup chat ini tidak jauh berbeda dengan Ruangguru On-The-Go! Ekstra itu sendiri. Jadi, kalau saya sarankan, lebih baik kamu langsung membeli OTG ini saja yang sudah bisa mendapat akses video ruangbelajar.


Kelebihan dan Kekurangan 



Setelah saya coba beberapa kali menggunakan produk ini, maka saya mendapatkan beberapa kelebihan dan kekurangan produk ini.

Secara inovatif, produk ini saya rasa dapat menjadi alternatif bagi siswa yang tidak memiliki jaringan internet. Meski ada beberapa catatan, karena untuk mengerjakan soal dan mengunduh rangkuman pelajaran yang ada, kamu tetap membutuhkan jaringan internet. Ke depannya, semoga Ruangguru dapat mengembangkan produk seperti ini agar menjadi produk yang benar-benar offline.

Untuk siswa yang menjangkau jaringan internet dengan baik, tentu produk ini sangat tepat untuk belajar. Kenapa? Karena sangat simpel, praktis, dan tidak menghabiskan banyak kuota (semua video pelajaran yang kita tonton tidak akan mengurangi kuota!). Alhasil, kamu bisa belajar saat di perjalanan menuju sekolah, di angkutan, di mobil, atau bahkan saat menunggu ojek. Tinggal buka aplikasinya, lalu colok deh. Dengan begitu, kamu akan bisa belajar tanpa buffering.

Adanya nilai lebih bagi pembeli Ruangguru On-The-Go! Ekstra berupa diikutsertakan dalam grup belajar digitalbootcamp menurut saya juga merupakan satu keunggulan tersendiri. Kalau dalam ruangbelajar kamu haya “belajar sendiri” mengandalkan video dan latihan soal, di grup ini kamu bisa bertanya dengan pengajar dan melakukan diskusi dengan teman-teman lain.

Meskipun banyak keunggulan yang ditawarkan Ruangguru, tapi ada beberapa kekurangan yang saya temukan. Di antaranya adalah, USB On-The-Go! ini tidak bisa digunakan di media lain seperti laptop, tv, dll. Meskipun kamu menggunakan software emulator untuk Android. Di samping itu, garansi yang ditawarkan hanya 7 hari setelah pembelian.

Artinya, kamu harus merawat baik-baik flash disk ini selama setahun penuh.

Hal lain yang saya temukan adalah, karena produk ini menggunakan username Ruangguru sebagai basis datanya, kamu dapat menggunakan satu USB di dua handphone yang berbeda. Selama menggunakan satu akun Ruangguru yang sama.

Bisa beli di mana???

Produk USB ini dapat kamu temukan di berbagai Gramedia. Berikut adalah yang saya temukan dari Instagram Ruangguru:

Selain di berbagai took buku di atas, ternyata Ruangguru On-The-Go juga dijual di beberapa online shop. Seperti Tokopedia dan Shopee.,

Harga

Ada perbedaan harga antara Ruangguru On-The-Go! dengan Ruangguru On-The-Go! Ekstra ini. Berdasarkan website Ruangguru, harga untuk OTG regular mulai kelas 4 SD sampai dengan 12 SMA adalah 990.000. Dan sekarang sedang diskon menjadi 775.000. Sementara untuk On-The-Go! Ekstra (mulai kelas 6SD sampai dengan 12 SMA) berharga 1.649.000 dan sekarang diskon menjadi 1.449.000.

Satu hal menarik yang saya cermati adalah, harga produk Ruangguru digitalbootcamp (jika kamu beli terpisah dari OTG Ekstra) mencapai 1 juta rupiah. Jadi, saran saya, kalau kamu memang berminat membeli OTG dan membutuhkan bantuan guru pengajar, lebih baik sekaligus beli OTG Ekstra.

Sekian review Mata Oker untuk produk Ruangguru On-The-Go! dan On-The-Go! Ekstra. Kalau menurut kamu bagaimana? Tertarik dengan produk ini untuk mengatasi masalah pendidikan?

Info lebih lanjut tentang Ruangguru bisa tanya melalui Whatsapp di 085817648834
Review Ruangguru On-The-Go! dan On-The-Go! Ekstra: Solusi Belajar Di Mana Saja? Review Ruangguru On-The-Go! dan On-The-Go! Ekstra: Solusi Belajar Di Mana Saja? Reviewed by Mas Ryan on 14.40 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.