Coba Produk Terbaru Ruangguru, Video Belajar dari Ruangbelajar

Mendengar kata "belajar" pasti kita semua sudah merasa jenuh. Kenapa harus belajar? Pertanyaan itu yang akan terlintas di pikiran kita. Nah, untuk membuat belajar menjadi lebih asyik dan tidak jenuh, ada start-up pendidikan yang meluncurkan produk terbarunya untuk mengakomodir kebutuhan belajar anak-anak secara online. Ruangguru selaku start-up di bidang pendidikan, merilis ruangbelajar sebagai aplikasi video belajar siswa dengan inovasi terbaru.



Lalu, seperti apa itu ruangbelajar dan kira-kira apa pengaruhnya terhadap pendidikan kita? Berikut penulis akan menjabarkan reviewnya. Baik dari segi kelebihan, maupun kekurangan yang penulis tangkap:

#1. Belajar Sambil Menyelesaikan Misi



Konsep yang diusung Ruangguru ini sebenarnya cukup menarik. Dia menggunakan konsep “misi” sebagai formula pembelajarannya. Menurut saya, ini membuat kita tidak menjadi fokus pada “belajar” sebagai suatu hal yang kaku, tapi juga seperti bermain. Bayangkan ketika permianan Angry Birds populer zaman dulu. Ketika itu, hamper semua kalangan saling berlomba untuk memiliki skor tertinggi.

Sekarang bayangkan jika ini terjadi pada pendidikan. Semua orang berlomba-lomba belajar. Saling ingin menjadi yang nomor satu.

Sekarang kita masuk ke dalam fitur-fitur yang ada di dalam ruangbelajar ini ya. Apakah benar semenyenangkan itu? Atau tetap membuat murid menjadi bosan dan malah meninggalkannya?


#2. Kesan Pertama dan Tampilan



Setelah kita melakukan pendaftaran akun dan masuk ke ruangbelajar, kita akan mendapatkan pilihan mata pelajaran dan pilihan jenjang (kelas berapa). Secara warna dan tampilan, ini sepertinya cocok untuk anak sekolah.

Di bagian atas, terdapat tab “Rapor”, “Pencapaian, dan “Peringkat”. Bagian rapor ini akan merekap mulai dari berapa banyak video yang sudah kita tonton, waktu yang sudah kita habiskan untuk “belajar”, serta berapa banyak latihan-latihan soal yang telah kita kerjakan. Mungkin, bagian inilah yang bisa dijadikan sebagai ajang “pamer” seperti halnya poin di permainan Angry Birds tadi.

Sayangnya, tab “Pencapaian” dan “Peringkat” masih belum bisa diakses.

Hal lain yang saya sadari adalah, untuk mengakses sebagaian besar video dan materi pembelajarannya, kita harus menggunakan akun premium, alias berbayar. Untuk daftar harganya, akan saya letakkan di paling bawah postingan ini. Tapi jangan khawatir, kalau kamu ingin melihat-lihat dulu, semua video di topik pertama dari tiap mata pelajaran tetap bisa diakses secara gratis. Jadi, kamu bisa memutuskan dulu apakah aplikasi ini memang layak untuk kamu bayar.


#3. Konten

\

Selanjutnya, saya akan mereview konten video beserta materi pembelajaran aplikasi ruangbelajar ini. Jadi, sistem pembelajarannya, seperti yang sudah saya katakan di awal, dibuat menjadi seperti melakukan sebuah “misi”. Jika kita ingin belajar matematika topik Bangun Ruang Sisi Lengkung, misalnya. Di dalamnya akan ada 3 misi (Tabung, Kerucut, dan Bola) yang harus kita kerjakan dan satu soal “latihan akhir”. Di tiap misinya, terdapat beberapa “stage” mulai dari video beranimasi, video dengan tutor yang mencoret-coret layar (seperti kita sedang didikte oleh guru tersebut lewat video), latihan soal, dan rangkuman.


A. Video Pembelajaran


Salah satu hal yang menarik dari aplikasi ruangguru ini adalah video belajar dengan animasi. Ini jelas sangat menguntungkan dan dibutuhkan bagi anak-anak millenialls zaman sekarang. Dengan begitu, kita hanya membutuhkan handphone kita sehingga dapat belajar di mana saja dengan fleksibel tanpa harus diatur “jadwal” harian seperti kita les di tempat les konvensional.

Setelah saya cari tahu, ada 2 tipe video di ruangbelajar ini. Yang pertama adalah video belajar dengan animasi. Di sana, pengajar memberikan pegnetahuan di papan tulis. Serunya, ada bagian-bagian yang akan keluar animasi untuk memudahkan kita dalam “membayangkan” hal tersebut. Sehingga gaya ajarnya tidak terasa membosankan. Di sisi lain, untuk pelajaran yang membutuhkan penjelasan perhitungan seperti matematika, misalnya. Konsep video yang ditawarkan adalah video dengan pengajar menulis di layar kita secara langsung.


Selain itu, dengan konsep “misi” ini, para siswa juga menjadi belajar secara runut dan tidak “loncat-loncat” antar bab. Sehingga pengetahuan yang didapatkan akan masuk dengan lebih baik. Durasinya pun dibuat pendek-pendek sehingga kita tidak bosan saat menonton video tersebut.

Sayangnya, di dalamnya tidak ada fitur yang membuat kita seolah berinteraksi dengan para pengajar ini. Tidak ada laman komentar untuk para siswa saling berdiskusi lebih jauh, atau memberikan rating dan komentar kita terhadap gaya ajar/materi videonya. Padahal, menurut saya ini cukup penting. Kenapa? Karena ruangguru membuat ruangbelajar ini sebagai “les nonkonvensional” yang dapat memudahkan kita untuk belajar di mana saja.  


B. Kuis dan Latihan Soal

Di dalam misi tadi, akan ada “stage” di mana kita harus mengerjakan latihan-latihan soal dan kuis. Biasanya, urutannya adalah seperti ini: Video animasi -> Kuis (1 soal) -> Video -> kuis (1 soal) -> rangkuman -> latihan (3-5 soal).

Seperti apa kuisnya?



Kuis-kuis yang disajikan di ruangbelajar ini berbentuk pilihan ganda. Nanti, setelah kita menjawab, akan muncul satu paragraf yang menunjukkan jawab yang benar dari soal tersebut, lengkap dengan alasan dan pembahasannya. Masalahnya, kenapa hanya 1 soal ya? Atau mungkin, ini sengaja dibuat agar siswa tidak keburu “capek” dan mampu menyelesaikan misi sampai akhir. Karena biasanya, dalam satu misi, terdapat 2 kuis dan 1 latihan soal di akhir misi.


3. Rangkuman



Sebelum mengerjakan latihan soal di akhir misi, akan ada rangkuman berupa infografis yang mengingatkan kita kembali aka nisi dari video-video pembalajaran sebelumnya. Ini tentunya sangat menarik karena kita tidak perlu menonton ulang untuk mengingat-ingat materi sebelumnya. Salah satu yang pasti membuat para pengguna senang adalah, rangkuman ini dapat diunduh ke handphone masing-masing. Sehingga, ketika kita ingin belajar iseng, misalnya. Kita hanya perlu membuka gallery yang ada di ponsel kita.

Setelah mengakhiri satu misi, kita akan kembali ke tampilan sebelumnya, di mana misi-misi lain dalam satu topik yang sama menunggu untuk dikerjakan. Apabila pengguna berhasil mengerjakan semua misi dalam satu topik, akan ada “latihan akhir” yang berisi kumpulan soal gabungan dari beberapa misi sebelumnya. Soalnya, tentu tetap pilihan ganda dan terdiri dari 10 butir soal. Satu hal yang menarik adalah, berbeda dengan soal-soal di dalam misi, saat mengerjakan latihan akhir ini, terdapat waktu yang berjalan. Fungsinya untuk mengukur seberapa lama kita menjawab semua soal tadi. Nah, ketika semua soal sudah terjawab, akan muncul skor kita, serta pilihan untuk mengetahui jawaban sebenarnya dari soal-soal ini. Jadi, meskipun jawaban kita salah, kita tetap akan mengetahui jawaban yang benar dan belajar dari sana.

Info terbarunya, ruangbelajar dari ruangguru ini sudah menghadirkan ruangbelajar untuk jenjang SBMPTN.  Saya rasa jenjang ini cukup membantu siswa yang ingin lolos SBMPTN. Apa saja keunggulan SBMPTN ruangbelajar ini.



Di ruangbelajar untuk jenjang SBMPTN ini menawarkan video pembelajaran dengan pembahasan dari tutor. Pembahasan soal-soal di ruangbelajar jenjang SBMPTN ini menurut saya terbilang cukup lengkap. Kenapa? Tiap mata pelajaran di SBMPTN terbagi menjadi beberapa topik dan diperinci dengan subtopik-subtopik di dalamnya.




Di sisi harga, saya rasa ruangbelajar untuk jenjang SBMPTN ini cukup terjangkau jika dibandingkan dengan bimbingan belajar untuk persiapan SBMPTN




--
Tertarik untuk gabung di ruangbelajar? Download aplikasi ruangguru sekarang


"Langganan sekarang untuk paket ruangbelajar 1 tahun dan 2 tahun SEMUA JENJANG. 
Ada diskon 50% dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.
Download Aplikasinya si Playstore dan AppStore SEKARANG JUGA"


Info lebih lanjut tentang Ruangguru bisa tanya melalui Whatsapp di 085817648834
Coba Produk Terbaru Ruangguru, Video Belajar dari Ruangbelajar Coba Produk Terbaru Ruangguru, Video Belajar dari Ruangbelajar Reviewed by Mas Ryan on 15.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.