Ruangguru atau Zenius, Lebih Bagus Mana?

Pertumbuhan bidang usaha berbasis digital seperti e-commerce dan startup saat ini dapat dikatakan sangat pesat. Selain usaha di bidang jual beli barang, mulai dari fashion hingga otomotif, terdapat pula startup lokal buatan anak bangsa yang bergerak di bidang pendidikan. Ya, di antara startup lokal yang bergerak di bidang pendidikan adalah Ruangguru dan Zenius. Lalu, apa ya perbedaan di antara keduanya? 
ruangguru dan zenius

Ruangguru berdiri pada tahun 2014, yang menargetkan murid, guru, orang tua, pemerintah dan institusi pendidikan dalam menyediakan sistem tata kelola pembelajaran (learning management system). Zenius adalah website di mana murid dapat belajar dengan menonton ribuan video dari setiap mata pelajaran, serta pembahasan soal dari materi SD, SMP, SMA, Ujian Nasional, SBMPTN, hingga Ujian Mandiri di berbagai PTN.

Jika dilihat sekilas, kedunya memang hampir mirip. Namun, Ruangguru dan Zenius mempunyai keunggulan dan kekurangan serta produk yang berbeda. Mari kita lihat perbedaan keduanya bersama-sama.

Ruangguru mempunyai 5 produk unggulan, yaitu ruangbelajar, ruangguru digitalbootcamp, ruangles, ruanglesonline, dan ruanguji.
  1. ruangbelajar: video belajar dan latihan soal
  2. Ruangguru digitalbootcamp: belajar dengan group belajar online se-Indonesia
  3. ruangles: panggil guru privat ke rumah
  4. ruanglesonline: chat dengan guru online untuk menanyakan PR
  5. ruanguji: ratusan latihan soal untuk persiapan hadapi ujian
Zenius sendiri secara garis besar menawarkan pembahasan materi pelajaran sekolah dari kelas 1 SD – kelas 12 SMA dalam format video, ribuan latihan soal untuk semua mata pelajaran, dan ribuan pembahasan soal ujian.
ruangguru dan zenius

Setelah mengetahui produk dari keduanya, sekarang saya akan menjabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing startup pendidikan ini. Dari segi produk, Ruangguru mempunyai keunggulan dengan ragam produk yang lebih banyak. Siswa sekolah dapat memilih produk apa yang ingin mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Contohnya jika mereka ingin mencari guru privat, mereka dapat mencarinya di ruangles, sedangkan jika ingin mengikuti program bimbel online, dapat menggunakan ruangguru digitalbootcamp. Sementara Zenius.net hanya mempunyai satu produk yaitu video belajar.


Kelebihan lain dari Ruangguru yaitu adanya tutor standby, yang memudahkan siswa untuk bertanya materi pelajaran kapan dan di mana saja. Berbeda saat mengikuti bimbel offline, siswa harus menunggu sampai jadwal kelas berlangsung, di Ruangguru siswa dapat bertanya PR melalui ruanglesonline kapan saja.


Jika kita lihat dari segi harga, Zenius memang terbukti lebih murah. Saya lihat dari harga yang ditawarkan oleh Zenius untuk para siswa yang ingin mengakses video belajar. Harga untuk berlangganan dan mendapatkan akses penuh menonton semua materi video serta pembahasan soal di Zenius.net berkisar antara Rp 165.000 hingga Rp 440.000. Sementara itu, jika siswa ingin mengakses video belajar di ruangbelajar (salah satu produk Ruangguru), harga yang ditawarkan mulai dari Rp 175.000 hingga Rp 675.000. Meskipun sedikit lebih mahal, ruangguru memberikan solusi untuk memudahkan para siswa. Jadi, ruangguru menawarkan program cicilan kepada siapa saja yang ingin mengakses video di ruangbelajar.

Zenius sudah berdiri selama 10 tahun, berbeda dengan Ruangguru yang baru berdiri selama 3 tahun. Karena sudah berdiri sejak lama, Zenius pun sudah banyak dikenal oleh kalangan siswa maupun masyarakat pada umumnya. Zenius juga memiliki keunggulan dengan layanan ebook latihan soal yang memudahkan siswa dalam mengerjakan ujian, jadi siswa hanya tinggal mendownload saja.


Setelah melihat perbandingan dari dua startup pendidikan tadi, saya melihat bahwa keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Siswa dapat memilih mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan untuk memudahkan dalam belajar. Oke, sekarang kalian pastinya sudah bisa menentukan akan mengakses yang mana kan?

"Langganan sekarang untuk paket ruangbelajar 1 tahun dan 2 tahun SEMUA JENJANG. 
Ada diskon 50% dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.
Download Aplikasinya si Playstore dan AppStore SEKARANG JUGA"


Info lebih lanjut tentang Ruangguru bisa tanya melalui Whatsapp di 085817648834
Ruangguru atau Zenius, Lebih Bagus Mana? Ruangguru atau Zenius, Lebih Bagus Mana? Reviewed by Mas Ryan on 10.37 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.